Kenalan Sama Ular Pelangi, Yuk!

Ular dikenal sebagai hewan yang menakutkan karena ia cukup berbahaya dan tidak segan untuk membunuh lawannya, baik menggunakan bisa atau kekuatan dari lilitannya. Karena hal ini, banyak orang yang takut dan tidak berani untuk menyentuh ular.

Tetapi, ular juga memiliki hal menarik yang membuatnya menarik untuk dipelihara, yaitu dari segi sisiknya yang indah. Kini semakin banyak permintaan dari satwa liar satu ini untuk dijadikan hewan peliharaan, khususnya oleh para pencinta reptil.

Bahkan, kini memelihara ular seakan sudah menjadi hal yang cukup lumrah dan menjadi sebuah tren.

Tapi sayangnya hal ini malah membuat beberapa ular dengan sisik yang indah malah menjadi terancam punah. Jika pelestarian tidak segera dilakukan, maka kemungkinan ular-ular ini tidak bisa diselamatkan.

Salah satu jenis ular yang terancam punah adalah ular pelangi. Ular dengan nama latin Xenopeltis Unicolor ini sesuai dengan namanya, mungkin memang tampak seperti hanya berwarna cokelat atau abu-abu, tetapi kalau diperhatikan sisiknya yang berkilau memantulkan warna pelangi yang indah.

Biasanya di Jawa Tengah, reptil satu ini lebih dikenal dengan nama ular bawang, karena kalau dipegang ular ini akan mengeluarkan aroma seperti bawang putih.

Ular satu ini masuk ke dalam suku Xenopeltidae, di mana hanya memiliki 1 marga, yaitu Xenopeltis.

Ada dua jenis ular pelangi, yaitu yang berjenis Xenopeltidae Hainanensis, ular yang dapat ditemukan di China dan Vietnam. Sedangkan untuk Xenopeltidae Unicolor, mereka memiliki jangkauan geografi yang lebih luas karena bisa ditemukan di berbagai tempat, seperti di China, India, Myanmar, amboja, Laos, Vietnam, Thailand, Malaysia, Singapura, Indonesia, serta Filipina.

Kalau di Indonesia sendiri, mereka tersebar di pulau-pulau sekitar Kalimantan, Jawa, Sumatera, dan juga Sulawesi.

Ular ini secara morfologi panjangnya kurang lebih sepanjang satu meter, berbeda dengan jenis ular lainnya. Ia sua memiliki susunan sisik yang khas di bagian kepala, ini karena sisik parietalnya dipisah oleh sisik oksipital atau interparietal yang besar dan sisik frontal yang berhubungan.

Jika berada di alam, umumnya uar ini hidup di lubang tanah atau fossorial. Biasanya mereka juga bisa bertahan hidup di dataran yang rendah, ada juga yang bisa sampai ke pegunungan.

Tidak jarang, bisa ditemukan ular pelangi di sekitar pemukiman warga, terutama di tempat yang terbuka dan berumput meliar. Biasanya ular ini sering bersembunyi di bawah kayu-kayu yang sudah busuk, bebatuan, tumpukan serasi, atau pun menggali lubang lumpur yang tidak jauh dari air.

Jika kamu takut dengan bisa ular, maka ular pelangi ini tidak perlu ditakuti, soalnya mereka tidak memiliki bisa dan juga tidak berbahaya. Namun, kalau ular ini dipegang ia akan menggetarkan ekornya dengan cepat.

Ketika ia merasa terancam, maka ular pelangi akan mengeluarkan bau yang tidak sedap dan membuat mual.

Mangsa dari ular pelangi ini ada beragam, mulai dari katak, kadal, mamalia-mamalia kecil, burung, dan bahkan ular jenis lainnya.

Biasanya para petani yang ada di Jawa Tengah akan menangkap ular ini dan dijual ke pengumpul ular. Di sana ular ini akan dimanfaatkan baik daging, kulit, dan juga empedunya.

Nah, itulah sedikit informasi seputar ular pelangi yang memiliki sisik indah. Meski demikian, jangan sampai buat ular ini terancam punah karena hanya sekedar ingin memeliharanya saja.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post