Spesies Reptil Tercantik Yang Mungkin Belum Pernah Kamu Lihat

Spesies Reptil Tercantik Yang Mungkin Belum Pernah Kamu Lihat

Jika berbicara tentang hewan yang cantik, mungkin reptile tak akan langsung terlintas di benak kalian.

Umumnya, label cantik akan diberikan pada burung atau ikan yang berwarna-warni. Sementara untuk mamalia biasanya predikat cantik jatuh kepada harimau, serigala, macan tutul, kuda, dan rusa.

Spesies Reptil Tercantik

Spesies Reptil Tercantik Yang Mungkin Belum Pernah Kamu Lihat

Namun jangan salah, reptile juga ada yang pantas disebut cantik. Entah karena warnanya maupun corak tubuhnya yang indah.

Nah, setelah meleihat daftar di bawah ini, dijamin kamu pasti setuju untuk memberikan predikat cantik kepada mereka juga.

1.Kadal Permata

Kadal Permata

Dari namanya saja sudah tergambar bahwa hewan ini memiliki penampilan yang cukup istimewa. Nama latinnya adalah Liolaemus tenuis, kadal endemik Chile ini memang tampak cantik dengan warna hijau cerah di bagian depan dan biru langit di bagian belakang tubuhnya.

Dilansir dari laman Reach The World, kadal jantan memiliki warna hijau biru yang lebih mencolok daripada betinanya.

Warna kadal ini membantunya untuk berkamuflase pada semak dan pepohonan. Plus bintik-bintik hitam di sekujur tubuhnya juga membuatnya tersembunyi pada saat berada di bebatuan.

2.Kadal Agama Batu Kepala Datar Mwanza

Kadal Agama Batu Kepala Datar Mwanza

Nama kadal ini memang cukup panjang. Bagian paling mencolok dari mereka adalah penampilannya. Kadal agama batu kepala datar mwanza (Agama mwanzae) disebut juga kadal Spider-Man, dan kamu pasti tahu alasannya.

Ya, warna biru merah tubuhnya membuat kadal ini tampak seperti Spider-Man si pahlawan super ciptaan Marvel ya!

Kadal ini hidup di Afrika, tepatnya di daerah sabana Kenya, Tanzania, dan Rwanda. Warna merah dan biru tersebut sebenarnya hanya dimiliki oleh pejantan dominan dalam grup kadal ini. Sementara pejantan biasa dan betinanya berwarna coklat keabu-abuan.

3.Boa pelangi

Boa pelangi

Kalau kamu perhatikan dengan saksama, kulit boa pelangi (Epicrates cenchria) tampak menampilkan warna pelangi ketika terkena cahaya, dan itulah yang menyebabkan mereka mendapatkan nama tersebut. Maka ular ini pun dianggap sebagai salah satu ular paling cantik di dunia.

Itulah yang menyebabkan ular ini termasuk sering dipelihara oleh para pencinta reptil. Laman Reptiles Magazine menyebut bahwa ketika dewasa, boa pelangi berukuran rata-rata 1,5 meter. Di penangkaran, ular ini bisa hidup hingga lebih dari 20 tahun.

4.Kura-kura geometri

Kura-kura geometri

Gak hanya kadal dan ular, kura-kura pun bisa tampak cantik lho. Misalnya kura-kura geometri (Psammobates geometricus) yang hidup di Afrika Selatan.

Kura-kura ini tampak cantik karena cangkangnya yang bergerigi dan berpola unik. Ukuran mereka cukup kecil, hanya berkisar 10 cm dan 200 gram untuk jantan, serta 12 cm dan 430 gram untuk betina.

5.Kura-Kura Macan Tutul

Kura-Kura Macan Tutul

Kura-kura satu ini juga tak kalah unik. Namanya sendiri diberikan karena corak pada cangkangnya yang mirip dengan macan tutul.

Seperti kura-kura geometri, kura-kura macan tutul juga berhabitat di Afrika. Mereka terdiri dari beberapa subspesies, yang terbesar adalah subspesies Stigmochelys pardalis babcocki di Etiopia, dengan panjang mencapai 75 cm.

Itu menjadikan mereka kura-kura endemik terbesar kedua di Afrika.

6.Sanca Hijau Pohon

Sanca Hijau Pohon

Warna hijau ngejreng membuat ular sanca ini Nampak menawan. Saat masih muda, sanca ini berwarna kuning, merah, atau cokelat gelap.

Namun beranjak dewasa, warnanya akan berubah menjadi hijau daun. Ular ini termasuk salah satu favorit untuk dipelihara para pecinta reptile.

Khususnya menarik untuk melihat perubahan warna mereka seraya beranjak dewasa, karena tiap individu biasanya mengalami perubahan masing-masing yang unik.

Itulah 6 reptil tercantik di dunia yang mungkin belum pernah kalian lihat, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post