Rekomendasi Peliharaan Reptile Untuk Pemula

Rekomendasi Peliharaan Reptile Untuk Pemula

Memelihara reptile rasanya bukan hal yang asing lagi saat ini, banyak hal yang menjadikan orang memilih reptile sebagai hewan peliharaan mereka, misalnya seperti corak, suara, dan masih banyak lagi.

Binatang reptile sendiri memiliki banyak jenis sehingga kamu harus mengetahui karakteristik dari hewan  dan perawatan seperti apa yang mereka butuhkan supaya kamu tidak kesulitan dalam merawat mereka.

Reptile sendiri merupakan hewan yang berdarah dingin, tetapi tidak semua reptile berbahaya dan menyeramkan meskipun asumsi tersebut tidak seratus persen akurat. Walaupun memilki tampang yang seram namun belum tentu dengan sifatnya.

Beberapa pencinta reptile yang sudah berkecimpung cukup lama bahkan mengatakan bahwa tampang mereka yang seram itulah yang menjadikan mereka mau memelihara hewan tersebut.

Berikut ini sedikit rekomendasi untuk kamu yang baru saja mau memelihara reptile.

1.Ball Phyton

Rekomendasi Peliharaan Reptile Untuk Pemula

Ball Phyton merupakan jenis ular yang ditemukan di Afrika, Ball phyton memiliki nama latin Phyton regius. Meskipun namanya phyton namun ular ini tidak seseram ular phyton yang besar.

Ular ini memiliki Panjang antara 90 hingga 120cm, ular ini disebut ball phyton karena jika dirinya merasa terancam maka ia akan melingkarkan tubuhnya hingga berbentuk seperti bola.

Untuk urusan makanan sendiri, kamu cukup menyediakan tikus putih dan diberikan setiap 1 minggu sekali.

2. Bearded Dragon

Bearded Dragon

Bearded Dragon merupakan kadal yang asalnya dari Australia, mereka biasanya hidup di daerah sabana yang panas dan kering dengan sinar matahari.

Bearded dragon memiliki nama latin Pogona Vitticeps, mereka memliki duri dileher, Panjang tubuh mereka bisa mencapai 60cm untuk jenis kelamin jantan, dan untuk jenis kelamin betina mencapai Panjang 50cm.

Biasa mereka diminati karena bentuk tubuh dan warnanya yang sangat unik dan jarang ditemukan pada hewan peliharaan pada umumnya. Meskipun mirip dengan iguana, namun sebenarnya hewan ini sangat berbalik dengan hewan iguana.

Kalau kamu ingin memelihara bearded dragon, kamu harus menyediakan serangga, tikus kecil, dan tanaman berdaun sebagai makanan mereka.

3.Blue Tongue Skink

Blue Tongue Skink

Blue Tongue Skink merupakan kadal yang berasal dari benua Australia, kadal ini dijuluki blue tongue skink karena sesuai dengan lidahnya yang bewarna biru. Warna biru pada lidahnya ini bukan tanpa alasan, tujuannya untuk menghindari ancaman dari musuh.

Panjang dari kadal jenis ini bisa mencapai 17 sampai dengan 24 inch, dan umur hidup dari kadal ini juga sangat Panjang yaitu hingga 20 tahun. Biasanya sekali bertelur kadal ini akan menghasilkan 5 sampai 20 butir telur, dengan masa inkubasi 3 – 5 bulan lamanya. Kadal ini memiliki warna kulit belang kecoklatan atau bisa juga abu-abu.

Makanan dari kadal ini cukup mudah yaitu arachnida kecil, sayuran, dan buah-buahan. Kadal ini memiliki nama latin genus Tiliqua, ia juga mempunyai saudara yang jenisnya hanya terdapat di Maluku dan Papua.

4. Ular Jagung

Ular Jagung

Ular ini memiliki corak warna yang bermacam-macam pada umumnya, bahkan beberapa dari mereka memiliki jenis albino atau berwarna putih full.

Ular ini mampu tumbuh hingga Panjang mencapai 1 meter lebih, dan ketika dewasa ia memerlukan tempat yang cukup besar yaitu 20 akuarium gallon. Ular ini memilki masa hidup yang cukup Panjang yaitu 20 tahun, dengan hewan tiku sebagai makanan utama mereka.

Nah, kira-kira itulah beberapa rekomendasi untuk kamu yang baru saja ingin terjun langsung memelihara reptile. Semoga artikel ini bermanfaat ya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post