Reptil Yang Hidup Sejak Zaman Purba Hingga Sekarang

Binatang purba merupakan binatang yang berasal dari zaman dulu kala. Bisa dibilang, binatang ini ada kaitannya dengan keberadaan binatang raksasa seperti Dinosaurus.

Tapi, ernyata binatang purba di masa modern ini merupakan binatang purba yang sedikit banyak sudah melalui masa evolusi sebelumnya. Walaupun ada juga beberapa binatang yang tidak melalui masa-masa itu.

Reptil Purba Yang Masih Ada Sampai Sekarang

Keberadaan binatang tersebut juga bisa ditemukan di sejumlah daerah di Indonesia dan sampai sekarang dilindungi oleh pemerintah agar tetap lestari dan menjadi ciri khas Indonesia.

Tak terkecuali dengan para reptile purba yang ada di Indonesia. Mereka juga memiliki hubungan yang dekat dengan Dinosaur dan ada beberapa yang dilindungi karena populasinya sangat sedikit.

Mau tau ada apa saja? Yuk sima di bawah ini.

1.Komodo

Komodo merupakan speses reptile purba endemic yang hidup sejak zaman purba. Evolusi komodo dimulai dengan genus Varanus yang mulai berkembang biak di Asia antara 40 – 25 juta tahun yang lalu.

Komodo merupakan kerabat dekat dinosaurus. Hal ini dilihat dari ditemukannya fosil-fosil dari jenis dinosaurus tertentu yang menunjukkan kemiripan struktur tubuh dengan komodo.

Dinosaurus sudah lama punah namun komodo sekarang masih ada. Komodo disebut sebagai dinosaurus terakhi di dunia.

Hewan yang satu masa dengan dinosaurus ini dkenal sebagai kadal karnivora namun mereka juga ternyata kanibal karena kadang-kadang memangsa anak-anak mereka.

Komodo merupakan jenis kadal terbesar. Tercatat komodo terbesar yang pernah ada memiliki panjang 3,13 meyer dan berat 166 kilogram.

Komodo dapat ditemukan di Pulau Komodo dan pulau kecil lainnya di sekitar NTT. Habitat asli komodo hanya bisa ditemukan di kepulauan Indonesia dan tidak ada di belahan dunia lain.

2.Penyu Belimbing

Penyu disebut telah mendiami bumi sejak 100 juta tahun silam sejak dinosaurus merajai planet bumi. Penyu belimbing adalah jenis penyu terbesar.

Beratnya mencapai 900 kg dengan panjang badan sekitar satu setengah hingga 2 meter. Berbeda dengan penyu lainnya, penyu belimbing tidak memiliki karapas keras.

Karapasnya seperti sebuah mosaic dari tulang-tulang kecil yang keras. Kulitnya elastis dengan punggung membujur.

Penyu belimbing dapat ditemukan di perairan tropis hingga ke lautan kawasan sub kutub dan biasa bertelur di pantai-pantai di kawasan tropis.

Penyu ini hanya makan ubur-ubur dan hanya ada sedikit tempat di dunia yang dipilihnya untuk bertelur. Salah satu tempat bertelurnya ada di Pantai Jamursba Medi dan Warmon terletak di Utara Kepala Burung Provinsi Papua Barat, Distrik Abun, Kabupaten Tambbrauw.

Penyu belimbing memiliki kebiasaan berkeliling dunia menjelajahi berbagai wilayah di belahan bumi ini.

3.Buaya Muara

Buaya merupakan salah satu hewan purba yang tersedia di bumi ini. Buaya muara atau buaya bekatak adalah salah satu spesies buaya terbesar di dunia, jauh lebih panjang dari buaya Nil. Dan alligator Amerika.

Pajang tubuh termasuk ekor bisa mencapai 12 meter seperti yang pernah ditemukan di Sangatta, Kalimantan Timur.

Buaya masih memiliki kerabat dekat dengan hewan reptile purba, CrocodileSaurus yaitu nenek moyang buaya yang memiliki panjang hampir 30 meter.

Namun karena pengaruh alam, tubuh CrocodileSaurus manyusut hingga menjadi buaya muara. Buata muara dapat ditemukan mulai dari Teluk Benggala hingga kepulauan Fiji. Indonesia menjadi habitat terfavorit bagi buaya muara selain Australia.

Itulah 3 reptil purba yang hidup sejak adanya dinasaurus. Kalian oernah lihat yang mana?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post