Mengenal Hewan Purba Reptil T-rex

T-rex

Berbicara mengenai dinosaurus, dinosaurus apa yang paling melekat dipikiran kamu. Beberapa orang akan mengatakan t-rex, t-rex memiliki nama asli Tryannosaurus Rex ini merupakan karnivora raksasa yang menjelajah Amerika Utara pada 66 juta tahun yang lalu.

T-rex sering ditampilkan dalam acara pengenalan budaya fosil, buku anak-anak, dan hampir semua orang tau ciri-ciri dari t-rex yang memiliki tangan kecil namun dengan kepala dan gigi yang besar. Hewan ini mati pada zaman Mesozoikum.

Namun meskipun sudah mati jutaan tahun yang lalu, masih banyak informasi keliru mengenai dinosaurus yang satu ini, salah satunya ada yang mengatakan bahwa t-rex hanya memakan bangkai saja.

Perdebatan mengenai t-rex yang merupakan hewan pemakan bangkai ini memakan waktu yang cukup Panjang dalam ilmu paleontologi, bahkan sampai saat ini beberapa ilmuwan masih menganggap t-rex merupakan hewan pemakan bangkai.

Faktanya t-rex merupakan hewan kanibal, dan ia juga merupakan hewan yang memiliki tengkorak besar yang dibantu keseimbangannya oleh ekornya yang Panjang juga berat. Hewan ini juga menjadi salah satu predator darat terbesar yang pernah ditemukan, dan gigitanya memiliki kekuatan yang paling kuat diantara semua hewan yang hidup didarat. Gigi t-rex bersifat heterodon yang artinya memiliki bentuk yang berbeda-beda tiap giginya.  

Julukan dengan hewan terbesar tersebut juga berlaku pada kalangan dinosaurus lainnya.

Meskipun t-rex dekat dengan julukan sebagai hewan karnivor terbesar didarat, tidak semua bentuk t-rex ini besar, dikatakan bahwa t-rex asal china berukuran kecil hanya berkisar dua atau tiga meter. Mereka juga tidak memiliki ciri khas yang dimiliki nenek moyang mereka seperti kepala yang besar dengan tangan yang sangat kecil.

Hewan ini merupakan hewan yang melakukan pengembaraan dengan jarak yang cukup jauh. Hal ini dibuktikan dengan penemuan fosil-fosil mereka yang tersebar dibeberapa negara seperti Brazil, Australia. China, dan masih banyak lagi.

Hewan ini juga sebenarnya hewan yang memiliki bulu, sering kali kita melihat di film ataupun di buku anak-anak ditampilkan bahwa ia digambarkan memiliki kuilit yang bersisik. Hal tersebut dibuktikan dengan penemuan fosil yang ditemukan di China meskipun tidak semua jenis dari t-rex memiliki bulu dikulitnya.

T-rex juga diketahui memiliki lebih dari 30 spesies dari temuan yang dilakukan hingga saat ini, tentunya masih banyak lagi misteri yang belum ditemukan dari hewan yang sudah punah ini.

Selain itu, ternyata hewan ini merupakan hewan yang cerdas. Meskipun memiliki tubuh yang besar ternyata mereka juga memiliki kecerdasan otak yang setara dengan hewan simpanse. T-rex juga dikenal sebagai hewan social yang hidup berkelompok semasa hidupnya.

Meskipun dikenal ganas, tapi sayangnya hewan ini tidak bisa berlari, jika ia memaksannya maka kakinya tidak akan kuat menopang dan akhirnya patah. T-rex hanya bisa berjalan biasa dengan  kecepatan 27 km / jam.

Banyak orang yang bertanya sebenanrya apa fungsi dari tangan kecil yang mereka miliki, apakah memiliki kegunaan jika dibandingkan dengan tubuh, giginya yang luar biasa seram itu. Setelah itu para peniliti akhirnya mampu memberikan jawabannya, dijelaskan bahwa tangan tersebut digunakan untuk mendekatkan makanannya supaya lebih mudah digapai dan digigit. Namun sejauh ini hal ini masih berbentuk spekulasi.

Jadi kira-kira itulah sekilas mengenai hewan dinosaurus yang bernama t-rex ini, semoga dengan adanya artikel ini bisa menambah pengetahuan kamu ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post