5 Daftar Reptil Jenis Kadal Terunik di Dunia!

5 Daftar Reptil Jenis Kadal Terunik di Dunia!

Banyak orang yang mengatakan bahwa satwa disebut aneh dan unik, serta apapun spesiesnya. Banyak yang mengatakan bahwa spesies kadal ini hadir dari berbagai sumber yang mungkin tidak banyak dari kita pernah melihatnya. Bahkan banyak juga berbagai jenis hewan berbentuk kadal yang memiliki bentuk unik dan karakteristik lainnya yang menarik dan unik. Kali ini, kami akan merekomendasikan beberapa daftar jenis reptil kadal yang unik dan mempesona di dunia ini. Langsung saja simak daftar lengkapnya berikut di bawah ini.

Jenis Reptil Kadal Unik di Dunia!

1. Kadal Duri Mata Merah

5 Daftar Reptil Jenis Kadal Terunik di Dunia!

Kadal duri mata merah “Tribolonotus Gracilis” yang memiliki wujud yang cukup menyeramkan. Dimana kadal unik ini berasal dari kota Papua yang berukuran dewasa dan mencapai hingga sebesar 25 cm. Untuk usianya hanya mencapai selam 10 tahun lamanya. Kadal ini juga memiliki keunikan berupa lingkaran merah di sekeliling matanya. Kadal ini membutuhkan tempat tinggal dengan kelembapan yang tinggi, sehingga tempat hidupnya tidak bisa jauh dari air. Saat menghadapi bahaya ia juga memiliki kebiasaan tidak biasa dan berpura-pura mati dan akan berharap apapun yang akan mengganggunya akan pergi.

2. Kadal Setan Berduri

Kadal Setan Berduri

Selanjutnya adalah kadal berduri yang banyak ditemukan di gurun gersang Australia. Dimana bdan hewan ini tertutupi oleh duri. Mungkin terlihat meneyeramkan, tetapi tidak berbahay, kecuali semut yang dimangsanya. Kadal ini juga mampu melahap 1000 semut sehari. Nama lain dari kadal setan berduri ini sendiri ialah Moloch Horridus.

3. Kadal Soa-Soa layar

Kadal Soa-Soa layar

Bentuk tubuh ini juga menyerupai miniatur dinosaurus atau seorang naga kadal sehingga dalam bahasa Inggris ini disebut sail-fin dragon atau sail-fim lizard. Soa layar ini ialah kadal semi akuatik terbesar dalam familia Agamidae. Cari fisik Soa layar ini tergolong unik dan ditumbuhi duri kecil. Bagian pangkal ekor pad ajantan dilengkapi dengan lyar tinggi bentuknya mirip layar perahu tradisional Hongkong.

Layar ini digunakan untuk memikat betina saat musim kawin tiba. Reptil ini juga berkerabat dekat dengan iguana ini umumnya hidup di daerah dekat air, seperti tepian dan muara sungai, hutan mangrove dan tepi pantai. Makanan utama ini sangat bervariasi dari daun, buah, serangga, telur, anak burung, sampai dengan mamalia kecil.

4. Kadal Mole Meksiko

Kadal Mole Meksiko

Berikutnya adalah kadal yang memiliki penampilan seperti ular dan cacing. Satwa ini juga merupakan kadal yang walau tidak memiliki kaki. Kadal ini merupakan salah satu anggota reptil amphisbaenia yang mirip dengan cacing dan hanya memiliki dua kaki depan yang kecil untuk membantunya bergerak dan menggali dalam tanah. Kadal mole Meksiko ini biasanya hidup dalam tanah, dan tidak pernah menunjukkan diri ke permukaan membuatnya dikatakan langka.

5. Iguana Laut

Iguana Laut

Dan yang terakhir adalah hewan yang ada di kepualauan Galapagos. Dimana mereka ini merupakan salah satu familiki kadal ayng mencari amakanna di laut. Iguana ini dapat menyelam 10 meter di bawah permukaan air. Jenis iguna ini juga dibilang unik dibandingkan kadala lainnya. Dimana ia mampu menyelam dan mencari makanan di lat dan membuatnya menjadoi reptil lait. Habitat di pantai berkarang ini akan melindunginya dari dingin udara, tetapi juga bisa ditemukan di rawa dan hutan mangrove.

Nah itu dia jensi reptil kadal yang perlu kalian ketahui keberadaannya yang sangat unik dan menarik!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post