Ulasan Seputar Pengertian dan Jenis Ordo Dalam Reptil

Reptil sendiri merupakan seorang kelompok hewan vertebrata berdarah dingin dan memiliki sisik yang menutupi tubuhnya. Hewan reptilua inii ialah tetrapoda yang menelurkan telur yang embrionya diselubungi membran amniotik. Saat ini mereka menghidupi setiap benua kecuali yang ada di Antartika. Kelompok hewan vertebrata berdarah dingin dan memiliki sisik yang menutupi tubuhnya. Reptilia ini sendiri merupakan tetrapoda dan menelurkan telur yang embrionya diselubungi dengan membran amniotik. Saat ini mereka menghidup setiap benua kecuali yang ada di Antartika.

Mayoritas reptil sendiri ialah ovipar (bertelur) meskipun beberpaa spesies Squamata yang bersifat vivipar (melahirkan). Reptil vivipar ini sendiri memberikan makan janin mereka dengan menggunakan sejenis plasenta yang mirip dengan hewan mamalia. Untuk ukuran jenis reptil sendiri dihadirkan bervariasi dari ukuran hingga 1.6 cm dampai dengan 6 m serta mampu mencapai berat sebesar 1 ton. Cabang ilmu pengetahuan alam ini mempelajari tentang reptil ialah herpetologi.

Reptilia ini ialah salah satu kelompok hewan yang sangat kuat bahkan sudah ada sejak zaman purba. Hewan darat yang dapat hidup di air dan mampu menaungi banyak sekali jenis hewan. Reptilia ini biasanya merupakan hewan yang bernapas dengan paru-paru. Selain itu, reptil ini juga hidup di sungai maupun laut yang cuncul ke permukaan supaya bisa bernapas. Jenis hewan ini juga sangat keras, kering, dan bersisik.

Kebanyakan reptilia ini berkembang biak dengan bertelur, tetapi ada yang bertelur dan juga beranak. Pembuaha ini terjadi dalam tubuh induk betina (internal). Dalam ilmu biologi sendiri, hewan reptilia dibagi menjadi empat ordo, yaitu berikut ini.

Jenis Ordo Reptilia Dalam Ilmu Biologi

1. Ophidia

Ordo yang terdiri dari reptilia bersisik yang berupa-rupa ular. Semua jenis dan upaya kelompok dalam klade ophidia yang merupakan salah satu kerabat terdekat kadal dan ular. Ophidia ini diperkirakan berevolusi dari kadal tanah atau kadal penggali liang di sekitar periode Jurassic akhir. Contoh ordo hewan reptil ini ialah ular pohon, ular piton, dan juga ular sawah.

2. Crocodilia

Crocodilia

Selanjutnya adalah salah satu reptil yang merupakan ordo berukuran besar dan berkembang sekitar 83.5 juta tahun yang lalu pada periode Cretaceous Akhir. Seperti yang kita tahu, Crocodilia ini merupakan kerabat terdekat burung. Contoh ordo ini ialah buaya dan aligator.

3. Lacertilia

Lacertilia

Jenis ordo kelompok reptilia bersisik berkaki empat yang tersebar sangat luas di dunia. Dimana secara ilmiah, kelompok besar ini dikenal sebagai subordo atau anak bangsa laxcertilia yang merupakan salah satu anggota dari bangsa reptilia besisik bersama dengan ular. Contoh ordo Lacertilia ini ialah kadal, komodo, bunglon, biawak, dan juga tokek.

4. Chelonia

Chelonia

Dan yang terakhir adalah penyu laut besar yang termasuk dalam keluarga Cheloniidae ini merupakan salah satu spesies dalam golongan Chelonia. Mereka ini hidup di semua laut tropis dan subtropis dan subtropis terutama di Samudera Atlantik dan Samudera Pasifik. Contoh dari ordo ini ialah kura-kura dan juga penyu.

Nah itu dia ulasan seputar pengertian dan jenis dari hewan reptil yang perlu kalian ketahui. Untuk kalian para pecinta hewan reptil, jenis ordo manakah yang kalian sukai? Diatas ini telah kmi jelaskan beberapa jenis sampai dengan contoh yang bisa kalian ketahui. Sekian informasi ini, kami sampaikan semoga dapat menambah wawasan bagi para pecinta reptil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post