Jenis-Jenis Tokek dengan Warna yang Cantik

Jenis-Jenis Tokek dengan Warna yang Cantik

Tokek adalah reptil yang sering dijadikan hewan peliharaan karena mereka memiliki warna-warna yang indah. Selain itu suara khas tokek juga membuat banyak orang semakin tertarik untuk memeliharanya.

Berikut ini kami akan menunjukkan beberapa spesies tokek yang sudah umum dipelihara, jadi untuk kamu yang tertarik mau memelihara tokek.

Jenis Tokek Umum Peliharaan

1.Giant Day

Jenis-Jenis Tokek dengan Warna yang Cantik

Pertama yang akan kami tunjukkan adalah Giant Day, tokek yang aktif pada siang hari. Tokek yang berasal dari Madagaskar ini adalah salah satu tokek terkuat. Warnanya hijau terang dan merah, membuatnya mudah berkamuflase dengan tumbuhan.

Ukuran paling besar dari Giant Day ini bisa mencapai 31 cm kalau disimpang di penangkaran. Untuk kamu yang ingin memelihara tokek ini, sangat disarankan untuk benar-benar berkomitmen, karena umurnya bisa mencapai 30 tahun.

Bagi kamu yang mau memelihara Giant Day, dia suka sendirian atau hidup bersama dengan pasangannya. Selain itu kadal ini suka tangki yang lebih tinggi dibanding tangki yang luas.

2. Tokek Leopard

Jika kamu merupakan seorang pemula dalam memelihara Tokek, maka sangat disarankan untuk memelihara Leopard. Jenis tokek satu ini bisa disimpan dalam tangki dengan ukuran 20 galon serta tidak perlu untuk memerlukan pencahayaan UVB khusus.

Tokek ini mudah untuk dipelihara dan tidak suka menggigit, jika mereka menggigit pun gigitannya tidak terasa sakit. Kalau kamu memelihara tokek Leopard bersama dengan anakmu, maka mungkin ia akan tetap bertahan hingga ia lulus perguruan tinggi.

3. White Line

White Line merupakan tokek yang sangat direkomendasikan untuk kamu yang kurang telaten dengan perawatan hewan peliharaan. Jenis tokek satu ini memiliki sifat yang tenang, memiliki kemampuan memanjat, dan biasa menggulung ekor mereka kalau sedang merasa terganggu.

Kalau kamu memelihara White Line, maka kamu harus setidaknya memberikan dia teman. Karena tokek jenis ini merupakan hewan yang suka bersosialisasi.

Tapi sayangnya untuk tokek jantan merupakan tokek yang teritorial, jadi jangan tempatkan mereka dalam lingkungan yang sama.

4. Ekor Gemuk Afrika

Keempat ada tokek dengan jenis Ekor Gemuk Afrika, sesuai dengan namanya ia memiliki ekor yang gemuk dan membuatnya tampak menggemaskan. Ekor ini merupakan cadangan lemak dari Ekor Gemuk Afrika, ukurannya bisa hampir menyamai kepala mereka, loh.

Makanan mereka harus makanan yang mengandung kalsium, seperti jangkrik, usus, dan serangga lain yang cocok dengan selera mereka. Jika ingin membuat hewan ini jinak, maka kamu akan membutuhkan waktu yang cukup banyak, jangan paksa mereka karena bisa mudah setres.

5. Tokek Dune

Terakhir yang akan kami bahas adalah tokek Dune, tokek dengan warna yang cantik dan berasal dari Israel dan Afrika Utara. Tokek ini kerap kali dikenal sebagai tokek bermata katak, karena ia memiliki mata yang besar. Ekornya cukup panjang kalau dibandingkan dengan tubuh mereka, yaitu bisa mencapai 2 cm sampai 5 cm.

Yang membuat tokek ini semakin unik adalah ia tidak bisa memanjat pada permukaan yang halus. Saat siang hari, biasanya mereka akan beristirahat di Gua, sedangkan ketika malam hari mereka akan sangat aktif.

Itulah beberapa tokek yang bisa kamu pelihara di rumah. Pastikan kandang yang kamu berikan sesuai dengan sifat mereka, agar mereka bisa nyaman tinggal di kandang. Jika mereka tidak merasa nyaman, tokek bisa mengalami setres dan mudah sakit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post