Ingin memelihara Reptile? Yuk Simak 5 jenis Reptile yang bisa kamu jadikan peliharaan

Ingin memelihara Reptile? Yuk Simak 5 jenis Reptile yang bisa kamu jadikan peliharaan

Membaca kaca reptile, apa yang terlintas dipikiran anda, pastinya hewan yang buas bukan?, namun tidak semua reptile itu buas loh. Ada beberapa reptile yang dapat dijadikan sebagai peliharaan.

Berbeda dengan anjing ataupun kucing yang butuh perhatian yang banyak, reptile hanya perlu sesekali diajak main saja.

Penasaran apa saja ? kami akan merekomendasi 5 hewan reptile yang bisa kamu jadikan peliharaan

1.Bearded Dragon

Ingin memelihara Reptile? Yuk Simak 5 jenis Reptile yang bisa kamu jadikan peliharaan

Bearded Dragon merupakan kadal yang asalnya dari Australia, mereka biasanya hidup di daerah sabana yang panas dan kering dengan sinar matahari.

Bearded dragon memiliki nama latin Pogona Vitticeps, mereka memliki duri dileher, Panjang tubuh mereka bisa mencapai 60cm untuk jenis kelamin jantan, dan untuk jenis kelamin betina mencapai Panjang 50cm.

Kalau kamu ingin memelihara bearded dragon, kamu harus menyediakan serangga, tikus kecil, dan tanaman berdaun sebagai makanan mereka.

2.Ball Phyton

Ball Phyton

Ball Phyton merupakan jenis ular yang ditemukan di Afrika, Ball phyton memiliki nama latin Phyton regius. Meskipun namanya phyton namun ular ini tidak seseram ular phyton yang besar.

Ular ini memiliki Panjang antara 90 hingga 120cm, ular ini disebut ball phyton karena jika dirinya merasa terancam maka ia akan melingkarkan tubuhnya hingga berbentuk seperti bola.

Untuk urusan makanan sendiri, kamu cukup menyediakan tikus putih dan diberikan setiap 1 minggu sekali.

3.Red Eared Slider

Red Eared Slider

Red Eared Slider merupakan kura-kura asal Brazil, hewan ini merupakan hewan yang cukup aktif, sebelum kamu memutuskan untuk memelihara hewan ini, ada banyak hal yang harus kamu perhatikan agar kura-kura ini bisa tumbuh sehat.

Red Eared Slider memerlukan aquarium dengan 100 galon air, kura-kura ini juga memerlukan cahaya matahari, dari segi makanan juga kura-kura Red Eared Slider mengalami perubahan gaya makan sembari meinjak umur dewasa.

4. Blue Tongue Skink

Blue Tongue Skink

Blue Tongue Skink merupakan kadal yang berasal dari benua Australia, kadal ini dijuluki blue tongue skink karena sesuai dengan lidahnya yang bewarna biru. Warna biru pada lidahnya ini bukan tanpa alasan, tujuannya untuk menghindari ancaman dari musuh.

Panjang dari kadal jenis ini bisa mencapai 17 sampai dengan 24 inch, dan umur hidup dari kadal ini juga sangat Panjang yaitu hingga 20 tahun. Biasanya sekali bertelur kadal ini akan menghasilkan 5 sampai 20 butir telur, dengan masa inkubasi 3 – 5 bulan lamanya. Kadal ini memiliki warna kulit belang kecoklatan atau bisa juga abu-abu.

Makanan dari kadal ini cukup mudah yaitu arachnida kecil, sayuran, dan buah-buahan. Kadal ini memiliki nama latin genus Tiliqua, ia juga mempunyai saudara yang jenisnya hanya terdapat di Maluku dan Papua.

5.Chameleon

Chameleon

Chameleon merupakan bagian dari family kadal, namun suku agamidae menyebut Chameleon sebagai bunglon, karena kemampuannya yang mirip bunglon, yaitu bisa berkamuflase.

Chameleon memiliki nama latin Chamaeleonidae ini memilki usia hidup yang cukup pendek yaitu hanya kisaran 5 sampai 6 bulan saja, fakta dari Chameleon adalah ia Panjang tubuhnya bertambah setiap hari sebanyak 2.6mm lho. Proses chameleon mencapai umur dewasa hanya memerlukan waktu selama 3 bulan.

Setelah mencapai umur dewasa, mereka akan segera melangsungkan perkawinan dan proses perkawinan chameleon , justru betinalah yang menarik perhatian Chameleon jantan. Setelah perkawinan selesai, bunglon ini akan mengubur telurnya didalam tanah.

Nah itulah beberapa hewan reptile yang dapat kamu jadikan sebagai alternative jika ingin memelihara hewan. Semoga membantu ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post