Jenis-Jenis Iguana di Indonesia

Jenis-Jenis Iguana di Indonesia

Iguana merupakan hewan reptile yang sering kali dijadikan sebagai hewan peliharaan oleh sebagian masyarakat Indonesia apalgi mereka yang merupakan pencinta reptile.

Hewan yang satu ini berasal dari benua Amerika yang beriklim tropis, binatang ini juga tesebar di Amerika Tengah, Selatan dan juga kepulauan Karibia.

Ukuran dari hewan yang satu ini bisa mnecapai 1.5 hingga 1,8 meter jika dalam kedaaan dewasa, bentuk iguana sendiri sedikit mirip dengan monster fiksi buatan jepang yaitu, Godzilla.

Iguana juga memiliki bentuk duri dari leher hingga ekornya dan hewan ini merupakan hewan dengan jenis herbivora.

Beberapa jenis iguana memiliki ekor yang Panjang dan ujungnya menyerupai bentuk dari cambuk, selain itu hewan ini juga berkembang biak dengan bertelur dan memiliki tempat habitat di tropis.

Nah, dibawah ini adalah sedikit penjelasan mengenai bebereapa jenis Iguana yang ada di Indonesia. Yuk disimak!

1.Iguana Hijau     

Jenis-Jenis Iguana di Indonesia

Hewan yang satu ini merupakan jenis yang paling banyak diburu oleh pencinta reptile, karena hewan yang satu ini tergolong mudah untuk dipelihara dan harganya sangat murah.

2.Iguana Merah

Iguana Merah

Iguana merah merupakan iguana yang cukup banyak diminati oleh para pencinta reptile, hal tersebut tak jauh berbeda dengan iguana hijau.

Namun, untuk karakter dari iguana merah sendiri terkesan lebih agresif dan memiliki karakter yang lincah dan suka bertahan, hal tersebut membuat majikan dari hewan yang satu ini tak jarang merasakan kibasan dari ekornya tersebut.

Untuk iguana merah sendiri terdiri dari dua jenis yaitu

Iguana red super yang merupakan iguana dengan warna merah yang sangat mencolok dan terang di bagian tubuh hingga pangkal ekornya.

Dan bagian ekor dari semua jenis iguana hampir sama yaitu terdapat lingkaran cincin warna hitam yang berada pada ujung ekor.

Sedangkan jenis yang kedua merupakan Iguana Red Mix yang dimana hewan yang satu ini merupakan hasil persilangan dari green dan red iguana.

Perislangan tersebut menjadikannya sebagai iguana dengan dua warna yaitu merah dan hijau pada bagian tubuhnya.

Untuk harganya sendiri iguana merah ini masih tergolong murah, kamu bisa menyiapkan dana sebesar 600 ribu hingga angka jutaan rupiah, angka tersebut merupakan angka yang dipatok untuk red super.

3.Iguana Biru

Iguana Biru

Iguana biru merupakan hewan yang sudah dikatakan punah, hewan yang satu ini hanya bisa kamu temui di alam liat dan diprediksi saat ini tinggal 10 hingga 25 ekor , apalagi maraknya perburuan semakin membuat hewan yang satu ini makin sedikit.

Hewan yan satu ini bersal darir karibia, lebih tepatnya berasal dari Pulau Grand Cayman, namun menurut beberapa web mengatakan bahwa hewan yang satu ini  sudah dihapus dari daftar kepunahan.

Hal tersebut dikarenakan hewan yang satu ini saat ini sudah terdapat 800 ekor yang dibantu oleh beberapa program pemulihan.

Iguana jenis yang satu ini juga memiliki warna biru yang keren, selain itu birunya yang cerah tentu membuatnya sangat memikat mata.

Untuk harganya sendiri, hewan yang satu ini dipatok mulai dari 3.5 juta rupiah, tentu angka tersebut merupakan angka yang cukup tinggi bila dibandingkan dengan dua spesies yang sudah dijelaskan di atas.

Nah, kira-kira itulah beberapa jenis iguana yang ada di Indonesia maupun di dunia, semoga dengan adantya artikel ini pengetahuan kamu bisa semakin bertambah ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post