Fakta Iguana Laut Yang Jarang Diketahui

Iguana laut merupakan satu-satunya spesies kadal yang berenang dan mencari makan di laut. Nama latinnya adalah Amblyrhynchus cristatus.

Hewan ini merupakan endemic di Kepulauan Galapagos, sebelah barat Ekuador di daerah Amerika Latin.

Fakta Unik dari Iguana Laut

Mereka biasanya mudah ditemukan di pesisir pantai di mana mereka sering berjemur di bawah sinar matahari.

Selai suka berjemur dan bisa berenang, apalagi sih keunikan yang dimiliki oleh hewan ini? Yuk simak faktanya di bawah ini.

1.Memertaruhkan Nyawa Sejak Bayi

Iguana laut memang menghabiskan sebagi besar waktunya di pantai. Namun saat bertelur, iguana betina haris pergi ke bebatuan di tengah pulau dan menggali lubang untuk meletakkan telurnya di sana.

Setelah bertelur, induk iguana akan pergi. Anak iguana yang baru menetas lalu harus kembali ke tepi pantai yang aman.

Namun perjuangan mereka menuju ke sana sama sekali tidak mudah. Mereka seringkali harus melewati hadangan predator seperti ular untuk bisa sampai di pantai.

2.Iguana Laut Jantan Bisa Berubah Jadi Warna Warni

Iguana laut memiliki penampilan yang menyeramkan dengan deretan duri di punggungnya dan warna hitam legam.

Namun warna tersebgut sebenarnya hanya berfungsi untuk membantu menghangatkan diri. Karena berdarah dingin, iguana laut harus berjemur di tepi pantai.

Warna hitam membantu menyerap panas supaya mereka tak kedinginan setelah menyelam ke laut yang dingin.

Namun, pada musim kawin tubuh iguana jantan berubah menjadi warna-warni untuk menarik perhatian betina.

Warnanya bervariasi pada setiap populasi di pulau-pulau Galapagos. Ada yang merah dan hijau, merah dan hitam, atau hijau dan oranye.

3.Herbivora

Dengan tampang yang seram dan kuku yang tajam, iguana laut mungkin tampak seperti karnivora yang ganas.

Namun sebenarnya mereka adalah herbivore. Makanan mereka adalah alga dan rumput laut. Karena itulah mereka harus menyelam ke dasar laut untuk mencari makan.

Kuku mereka yang tajam digunakan untuk berpegangan pada bebatuan di dasar laut supaya tidak terbawa arus saat makan.

4.Mampu Menahan Nafas Untuk Waktu Yang Lama.

Iguana laut bernafas dengan paru-paru, karena itu mereka tak bisa bernafas di dalam air. Namun mereka punya kemampuan menahan nafas untuk waktu yang sangat lama.

Iguana laut bisa menyelam hingga kedalaman 20 meter dan menahan nafas hingga 30 menit lamanya.

5.Bersin Untuk Mengeluarkan Garam

Karena mencari makan di dalam laut, iguana laut tentu sering menelan air laut saat makan. Supaya tidak kelebihan kadar garam di tubuhnya, mereka memiliki kelenjar garam yang mampu menyingkirkan garam dari darahnya.

Hal ini penting supaya mereka tidak dehidrasi. Kelebihan garam tersebut mereka keluarkan dengan cara yang unik, yaitu bersin.

Jadi, jika kalian melihat iguana laut bersin, artinya ia sedang mengeluarkan kelebihan garam dari tubuhnya.

6.Suka Mengangguk

Selain bersin, iguana laut juga punya kebiasaan lain yang cukup unik, yaitu mengangguk-anggukkan kepalanya.

Hal ini dilakukan oleh iguana jantan untuk mengitimidasi pejantan lain. Selain itu, mereka juga akan mengangguk-angguk dengan cepat di hadapan betina ketika akan kawin dengannya.

7.Bertahan Hidup Dengan Bantuan Mockingbird

Karena memiliki banyak predator, iguana laut punya banyak akan untuk bisa bertahan hidup. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan keberadaan mockingbird.

Burung ini akan mengeluarkan jeritan saat elang Galapagos mendekat. Iguana laut yang mendengar jeritan itu tahu bahwa aka nada bahaya dan akan segera kabur ke bebatuan atau ke dalam laut.

Itulah 7 keunikan dari iguana laut yang mungkin tidak kalian tahu. Unik banget ya hewan satu ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post

10 Jenis Hewan Reptil Yang Bisa Dipelihara Di Rumah10 Jenis Hewan Reptil Yang Bisa Dipelihara Di Rumah

Hewan Reptil memiliki keunikkan dan kebiasaannya sendiri sebagai peliharaan. Sifatnya yang kalem cocok untuk kalian yang suka memperhatikan gerak-gerik hewan jenis ini dengan seksama.   Berbeda dengan anjing atau kucing yang memerlukan banyak perhatian, reptil hanya membutuhkan sentuhan kasih sayang sekali saja.   Rekomendasi 10 Reptil Untuk Dipelihara  Meskipun penampilannya seram dan galak, sebenarnya reptil merupakan hewan yang jinak dan mudah dipelihara.  Untuk memudahkan kalia, dibawah ini kami berikan rekomendasi reptil yang mudah dipelihhara dirumah. Penasaran ada apa saja? Yuk simak dibawah.   1.Bearded Dragon  Bearded Dragon merupakan hewan yang mudah sekali dirawat. Ia juga menyukai interaksi jika kalian berhasil membuat ikatan batin.   Hewan omnivor ini menyukai serangga dan sayuran. Selain itu, siklus tidurnya sama dengan manusia sehingga cocok untuk menemani kamu yang bekerja dirumah.   2.Water Dragon  Water dragon memiliki penampilan yang hapir mirip dengan iguana. Namun, water dragon tidak seagresif iguana.   Selain itu, ukuran tubuhnya juga lebih kecil. Kebutuhan habitat hewan ini juga tidak sesulit hewan reptil lainnya.   3.Monitor Lizard  Reptil satu ini memiliki corak kulit yang sangat bagus. Selain itu, kalian tidak perlu memberinya makan setiap hari karena hewan ini cukup diberi makan tikus seminggu 2 kali.   4.Ular Jagung  Ular biasanya memiliki sifat yang agresif. Namun berbeda dengan ular jagung. Ular jenis ini memiliki sifat yang tenang sehingga kalian tidak perlu takut tergigit olehnya.   Makanan yang diperlukan juga mudah, hanya membutuhkan seekor tikus sawah kesukaannya saja. Namun, kalau kalian ingin memelihara ular jenis ini, harus punya komitmen yang tinggi ya.   Pasalnya, hewan reptil ini bisa hidup lama sampai 23 tahun.   5.Leopard Gecko