6 Kadal Terunik di Dunia

Kadal atau bengkarung adalah kelompok reptilian berisisk berkaki empat yang tersebar sangat luas di dunia.

Secara ilmiah, kelompok besar ini dikenal sebagai subordo atau anak bangsa Lacertilia yang merupakan anggota dari bangsa reptilian berisisk bersama dengan ular.

6 Kadal Terunik di Dunia Yang Harus Kamu Tahu

Bagi banyak orang, satwa ini disebut aneh dan unik, apapun jenis spesiesnya. Ada yang mencintai, ada juga yang takut dengan kadal.

Dan ternyata, ada 10 spesies kadal dari berbagai negara yang bentuknya unik dan mungkin kita belum pernah melihatnya. Dibawah ini akan kami bahas beberapa

1.Kadal Duri Mata Merah

Kadal duri mata merah atau kadal Tribolonotus Gracilis memiliki wujud yang lumayan menyeramkan, meskipun sebenarnya sangat jinak.

Kadal unik ini berasal dari Papua yang ukuran dewasanya mencapai 25 cm. usianya hingga 10 tahun. Kadal ini memiliki keunikan berupa lingkaran merah di sekeliling matanya.

Kadal duri butuh tempat tinggal dengan kelembaban tinggi, sehingga tempat hidupnya tak bisa jauh dari air.

Saat menghadapi bahaya ia memiliki kebiasaan yang unik, yaitu pura-pura mati dan berharap yang menyerangnya akan pergi. Uniknya lagi, ia bisa membuat suara ketika merasa terancam.

2.Kadal Setan Berduri

Kadal setan berduri banyak ditemukan di gurun gersang Australia. Tubuhnya tertutupi duri. Mungkin ia terlihat menyeramkan, namun sama sekali tidak berbahaya, kecuali bagi semut yang dimangsanya. Kadal ini mampu melahap 1.000 semut sehari.

3.Kadal Monster Gila

Kadal ini merupakan spesies kadan berbisa terbesar asli Amerika Serikat. Habitatnya di Barat daya AS dan Barat Laut onora, Meksiko.

Namanya diambil dari nama Sungai Gila di lembah Arizona, tempat pertama kali ditemukan. Kadal ini salah satu dari segelntir kadal berbisa di dunia.

Walaupun gigitannya sangat menyakitkan, namun taka da laporan yang mengakibatkan kematian manusia.

4.Kadal Soa-soa Layar

Sepintas, bentuk tubuhnya lebih menyerupai minatur dinosaurus atau naga dibanding kadal sehingga dalam bahasa Inggris disebut Sail fin dragon atau sail fin lizard.

Hewan ini adalah kadal semi akuatik trbesar dalam familia Agamidae. Ciri fisiknya adalah sepanjang punggungnya ditumbuhi duri-duri kecil.

Pada jantan, bagian pangkal ekor dilengkapi layar tinggi yang bentuknya mirip layar perahu tradisional Hongkong.

Layar ini digunakan untuk memikat betina saat musim kawin tiba. Reptile yang berkerabat dekat dengan iguana ini umumnya hidup di daerah dekat air, seperti tepian dan muara sungai, hutan mangrove, dan tepi pantai.

Makanan utamanya bervariasi, daun-daunan, buah-buahan liar, serangga, telur, dan anak burung hingga mamalia kecil.

5.Kadal Mole Meksiko

Bukan ular maupun cacing, satwa ini masuk ke dalam kategori kadal walu tidak memiliki kaki, kadal ini merupakan anggota reptile amphibisbaenia karena mirip cacing dan hanya punya dua kaki depan yang kecil untuk membantunya bergerak dan menggali dalam tanah.

Semenanjung Baja California, Meksiko merupakan habitat asalnya. Kadal ini bisa hidup dalam tanah. Kebiasaannya tinggal dalam tanah dan tidak pernah menunjukkan diri ke permukaan membuatnya sering dikatakan langka.

6.Iguana Laut

Iguana laut adalah iguana yang hanya bisa ditemukan di Kepulauan Galapagos. Mereka merupakan satu-satunya family kadal yang mencari makanan di laut.

Iguana tersebut bisa menyelam 10 meter di bawah permukaan air. Mereka harus naik ke permukaan untuk mendapatkan udara, selain itu harus berjemur di bawah sinar matahari untuk menghangatkan tubuh.

Hewan ini sangat unik dibanding kadal lainnya karena mampu menyelam dan mencari makan di laut, membuatnya menjadi reptile laut.

Habitatnya di pantai berkarang untuk melindunginya dari udara dingin, namun juga bisa ditemukan di rawa-rawa dan hutan mangrove.

Itulah 6 kadal unik di dunia yang mungkin belum pernah kalian temui.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post