Jenis Gecko Hias Lucu dan Terkenal

Pernah lihat Tokek? Tokek merupakan salah satu reptile yang mirip bentuknya seperti cicak. Penyebutan Tokek biasanya ditunjukkan pada jenis cicak yang bisa besar.

Tokek raksasa yang paling terkenal di Indonesia adalah tokek rumah dan tokek hutan. Lalu, apa itu Gecko?gecko merupakan sebutan lain dari tokek.

Kalau tokek berasal dari Bahasa Indonesia, Gecko berasal dari Bahasa Inggris. Namun umumnya sebutan ini ditujukan pada jenis tokek yang bertubuh cantic dan memiliki banyak coran warna yang indah.

Jenis Gecko Hias Yang Bisa Kamu Pelihara

Gecko merupakan binatang nocturnal yang aktif pada malam hari dan suka bersembunyi di siang hari. Ia memiliki tubuh yang unik dan di setiap jenisnya pasti punya corak yang berbeda, mulai dari bitnik sampai garis, namun, ada juga yang polos.

Hewan ini menyukai serangga seperti jangkrik kecil, ulat sutra, ulat hongkong, dan lain-lain. Gecko juga mudah dipelihara dan tidak mengeluarkan banyak modal serta tak mudah mati.

Sebelum memeliharanya, lebih baik kalian tahu dulu jenis-jenisnya supaya bisa memilih tokek yang kalian sukai.

1.Leopard Gecko

Jenis ini merupakan jensi yang paling terkenal di Indonesia. Karena, selain unik dan bagus, ia juga mudah dipelihara, mudah berkembang biak dan punya banyak varian warna.

Jenis ini sendiri terbagi menjadi beberapa jenis berdasarkan corak warnanya. Seperti Tremper Albino yang punya ciri-ciri warna mata merah muda kecoklatan dan di bagian spot markingnya terdapat warna coklat.

Jenis lainnya adalah Leopard Bell Albino Gecko dimana ia terkenal dengan matanya yang berwarna merah muda serta memiliki marking spot berwarna coklat atau lavender yang lebih jelas dan lebih banyak dibandingkan dengan jenis albino yang lain.

Ada juga Leopard rainwater albino gecko yang memiliki mata berwarna gelap diantara jenis yang lain. Ada Patternless yang lahir dengan tidak memiliki marking sejak bayi.

Selain itu ada Hybino yang memiliki warna dasar kuning solid atau kunign padat dengan ekor carrot tail serta Line Breed Snow yang memiliki warna hitam putih tanpa warna lainnya.

2.White Lined Gecko

Jenis ini memiliki garis putih lurus dari ekor sampai kepalanya. Karena itulah diberi nama White Lined Gecko.

Warna dasarnya sendiri coklat, hitam, atau krem, jenis ini merupakan jenis yang paling jinak sehingga tidak akan menggigit jika dipegang.

3.Gargoyle Gecko

Jenis ini hampir mirip dengan jenis leopard. Hanya saja, tubuhnya cenderung lebih seram dan terlihat garang.

Matanya juga terlihat tajam. Meski seram dan garang, ternyata gecko ini mudah dirawat. Panjang tubuhnya kurang lebih 20 cm dan mampu hidup selama 15 – 20 tahun.

4.Frog Eyed Gecko

Frog Eyed Gcko memiliki mata yang mirip dengan katak. Ia senang berada di daerah pasir dan menguburkan badannya ke dalam pasir. Ia bahkan mampu bertahan hidup di suhu yang ekstrim seperti di gurun pasir.

5.Madagaskar Ocelot Gecko

Jenis ini berasal dari Madagaskar dan memiliki ukuran sekitar 12,7 cm. ia juga mempunyai karakter suka bersembunyi di bawah tanah atau pasir sampai menutupi seluruh tubuhnya.

Cara menggalinya menggunakan kepalanya yang besar sehingga banyak yang menyebutnya sebagai big headed gecko.

6.Central American Banded Gecko

Gecko CAB banyak menghabiskan waktunya di dasar tanah, bukan di pepohonan atau dinding rumah. Uniknya lagi, hewan ini senang hidup di kotak sepatu plastic atau akuarium kaca.

Itulah beberapa jenis gecko lucu yang bisa kalian jadikan pertimbangan untuk dipelihara. Tertarik?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post

10 Jenis Hewan Reptil Yang Bisa Dipelihara Di Rumah10 Jenis Hewan Reptil Yang Bisa Dipelihara Di Rumah

Hewan Reptil memiliki keunikkan dan kebiasaannya sendiri sebagai peliharaan. Sifatnya yang kalem cocok untuk kalian yang suka memperhatikan gerak-gerik hewan jenis ini dengan seksama.   Berbeda dengan anjing atau kucing yang memerlukan banyak perhatian, reptil hanya membutuhkan sentuhan kasih sayang sekali saja.   Rekomendasi 10 Reptil Untuk Dipelihara  Meskipun penampilannya seram dan galak, sebenarnya reptil merupakan hewan yang jinak dan mudah dipelihara.  Untuk memudahkan kalia, dibawah ini kami berikan rekomendasi reptil yang mudah dipelihhara dirumah. Penasaran ada apa saja? Yuk simak dibawah.   1.Bearded Dragon  Bearded Dragon merupakan hewan yang mudah sekali dirawat. Ia juga menyukai interaksi jika kalian berhasil membuat ikatan batin.   Hewan omnivor ini menyukai serangga dan sayuran. Selain itu, siklus tidurnya sama dengan manusia sehingga cocok untuk menemani kamu yang bekerja dirumah.   2.Water Dragon  Water dragon memiliki penampilan yang hapir mirip dengan iguana. Namun, water dragon tidak seagresif iguana.   Selain itu, ukuran tubuhnya juga lebih kecil. Kebutuhan habitat hewan ini juga tidak sesulit hewan reptil lainnya.   3.Monitor Lizard  Reptil satu ini memiliki corak kulit yang sangat bagus. Selain itu, kalian tidak perlu memberinya makan setiap hari karena hewan ini cukup diberi makan tikus seminggu 2 kali.   4.Ular Jagung  Ular biasanya memiliki sifat yang agresif. Namun berbeda dengan ular jagung. Ular jenis ini memiliki sifat yang tenang sehingga kalian tidak perlu takut tergigit olehnya.   Makanan yang diperlukan juga mudah, hanya membutuhkan seekor tikus sawah kesukaannya saja. Namun, kalau kalian ingin memelihara ular jenis ini, harus punya komitmen yang tinggi ya.   Pasalnya, hewan reptil ini bisa hidup lama sampai 23 tahun.   5.Leopard Gecko