6 Jenis Buaya yang Ada di Indonesia

Pernah ketemu langsung sama reptile besar dan galak ini? Buaya seringkali ditemukan di bagian rawa rawa atau air.

Buaya merupakan hewan yang agresif dan suka memakan daging. Namun, mereka biasanya berperilaku tenang saat sedang mengintai mangsanya.

Ketahui 6 Jenis Buaya Yang Ada Di Indonesia Ini

Ada sekitar 23 spesies buaya yang tersebar di dunia. Salah satunya Indonesia. Indonesia sendiri memiliki 4 jenis buaya yang tersebar di pulaunya. Mau tau ada apa saja? Yuk simak dibawah ini.

1.Buaya Muara

Buaya muara merupakan buaya yang besarnya bisa mencapai 7 hingga 8 meter dengan berat mencapai 200 kilogram.

Buaya ini biasanya hidup di hulu sungai hingga ke laut. Buaya muara merupakan buaya yang paling ganas di Indonesia.

Kebiasannya yang hidup di air laut atau air asin membuat orang Australia menyebutnya sebagai Saltwater Crocodile.

2.Buaya Siam

Buaya siam atau buaya kodok hidup di daerah Jawad an Kalimantan. Mereka memiliki ukuran yang cukup kecil, hanya sekita 2 – 3 meter.

Buaya siam terbesar hanya memiliki ukuran 4 meter. Buaya ini biasanya tinggal di perairan tenang seperti rawa dan sungai.

Saat musim hujan, buaya siam betina akan mulai bertelur. Mereka bisa mengeluarkan 20 – 80 butir telur dalam sekali musim bertelur.

Telur-telur itu akan menetas dalam waktu80 hari. Selain hidup di Jawad an Kalimantan, buaya siam juga diketahui hidup di Thailand, Malaysia, Laos, Kamboja, dan Vietnam.

3.Buaya Irian

Sesuai namanya, buaya jenis ini hidup di perairan tawar irian. Secara fisik, buaya jenis ini mirip dengan buaya muara.

Hanya saja, ukuran tubuhnya lebih kecil dan warna kulitnya lebih gelap. Sisik buaya Papua juga lebih besar jika dibandingkan dengan sisik buaya lainnya.

Ukuran tubuh buaya irian jantan bisa mencaai 3,3 meter sedangkan ukuran tubuh buaya irian betina hanya 2,6 meter.

Buaya irian bisa hidup di air asin namun mereka jarang ditemukan di perairan asin atau payau. Berbeda dengan buaya siam, buaya jenis ini bertelur pada musim kemarau.

4.Buaya Sapit / Senyulong

Tubuh buaya sapit memang mirip dengan buaya. Namun ternyata hewan ini memiliki genus yang berbeda dengan buaya.

Buaya ini memiliki bentuk moncong pipih dan tajam. Kulitnya berwarna kecoklatan saat muda dan menghitam saat dewasa.

Buaya ini memiliki ukuran tubuh besar yaitu mencapai panjang 5 meter. Buaya sapit umumnya memiliki moncong yang runcing dan kecil.

Tubuh bagian atas mereka juga tidak terlalu bergerigi seperti buaya pada umumnya. Hewan ini biasanya hidup di sungai-sungai pedalaman Sulawesi, Sumatera, dan Kalimantan.

Sayangnya, jumlah buaya sapit saat ini terus berkurang karena perburuan dan perusakan hutan,

5.Buaya Sahul

Karena ciri khas yang hanya didapatkan di wilayah sahul, buaya ini dipisahkan dari buaa irian. Buaya sahul menjadi buaya paling besar di bagian selatan Papua dengan leher yang mengembung seperti buaya muara.

Spesies buaya ini menjadi berbeda dengan buaya Irian karena adaptasi lingkungan keduanya yang dipidahkan oleh pegunungan.

6.Buaya Kalimantan

Di wilayah Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan, kalian bisa menjumpai spesies buaya ini di area rawa dan sungai-sungai.

Kalian bahkan bisa melihatnya dalam jumlah besar di tempat penangkarang buaya atau argowisata yang ada di Balikpapan.

Itulah 6 jenis buaya yang ada di Indonesia. Gimana, kalian pernah melihat salah satunya secara langsung?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post

10 Jenis Hewan Reptil Yang Bisa Dipelihara Di Rumah10 Jenis Hewan Reptil Yang Bisa Dipelihara Di Rumah

Hewan Reptil memiliki keunikkan dan kebiasaannya sendiri sebagai peliharaan. Sifatnya yang kalem cocok untuk kalian yang suka memperhatikan gerak-gerik hewan jenis ini dengan seksama.   Berbeda dengan anjing atau kucing yang memerlukan banyak perhatian, reptil hanya membutuhkan sentuhan kasih sayang sekali saja.   Rekomendasi 10 Reptil Untuk Dipelihara  Meskipun penampilannya seram dan galak, sebenarnya reptil merupakan hewan yang jinak dan mudah dipelihara.  Untuk memudahkan kalia, dibawah ini kami berikan rekomendasi reptil yang mudah dipelihhara dirumah. Penasaran ada apa saja? Yuk simak dibawah.   1.Bearded Dragon  Bearded Dragon merupakan hewan yang mudah sekali dirawat. Ia juga menyukai interaksi jika kalian berhasil membuat ikatan batin.   Hewan omnivor ini menyukai serangga dan sayuran. Selain itu, siklus tidurnya sama dengan manusia sehingga cocok untuk menemani kamu yang bekerja dirumah.   2.Water Dragon  Water dragon memiliki penampilan yang hapir mirip dengan iguana. Namun, water dragon tidak seagresif iguana.   Selain itu, ukuran tubuhnya juga lebih kecil. Kebutuhan habitat hewan ini juga tidak sesulit hewan reptil lainnya.   3.Monitor Lizard  Reptil satu ini memiliki corak kulit yang sangat bagus. Selain itu, kalian tidak perlu memberinya makan setiap hari karena hewan ini cukup diberi makan tikus seminggu 2 kali.   4.Ular Jagung  Ular biasanya memiliki sifat yang agresif. Namun berbeda dengan ular jagung. Ular jenis ini memiliki sifat yang tenang sehingga kalian tidak perlu takut tergigit olehnya.   Makanan yang diperlukan juga mudah, hanya membutuhkan seekor tikus sawah kesukaannya saja. Namun, kalau kalian ingin memelihara ular jenis ini, harus punya komitmen yang tinggi ya.   Pasalnya, hewan reptil ini bisa hidup lama sampai 23 tahun.   5.Leopard Gecko