Sebelum Memelihara Reptil, Ketahui Dulu Cara Merawatnya

Bagi beberapa orang, mungkin reptile merupakan hewan yang menakutkan dan menyeramkan sehingga harus dihindari untuk mengurangi resiko di gigit.

Namun ternyata, ada juga orang yang memang menyukai reptile dan bahkan ingin merawatnya dirumah. Karena, mereka memang hewan yang unik dan menarik untuk dilihat.

Bahkan, reptile memiliki para penggemar tersendiri yang membangun sebuah komunitas. Salah satunya adalah komunitas pecinta reptil Reptil and Exotic Pet Lovers (Rexel).

Cara Mudah Merawat Reptil

Merawat dan memelihara reptile sebenarnya susah susah gampang. Mereka merupakan hewan yang tidak memerlukan banyak perhatian khusus layaknya anjing dan kucing.

Jadi, kalian hanya perlu mengajaknya berinteraksi beberapa kali saja dalam seminggu. Selain itu, mereka juga tergolong pasif dan pendiam sehingga tidak akan terlalu merepotkan kita.

Namun, reptile itu memiliki umur yang panjang loh. Jadi, bisa menjadi teman peliharaan yang lama juga. Nah, untuk lebih jelasnya, yuk simak cara memelihara reptile dibawah ini.

1.Jangan Lupa Bersihkan Kandangnya!

Kebersian kandang merupakan dasar utama dalam memelihara hewan apapun itu jenisnya. Jangan pernah menyepelekan hal ini walaupun kalian hanya memelihara reptile.

Pasalnya, kalau kurang menjaga kebersihan kandang, maka hewan akan mudah terkena penyakit hingga menyebabkan kematian.

Membersihkan kandang reptile tidak perlu dilakukan setiap hari. Yang terpenting adalah perhatikan setiap bagian yang kotor dan segera bersihkan.

2.Berikan Pakan Yang Benar Dan Sehat Secara Teratur

Pemberiakn pakan yang teratur dan sehat merupakan salah satu factor yang mempengaruhi kesehatan reptile.

Berikan makanan kesukaan mereka yang tentu saja lebih sehat. Jika kalian memelihara reptile sejenis ular, berikan mereka tikus putih dan jangan berikan tikus got.

Tikus got akan menyebabkan pup ular mengeluarkan banyak cacing dimana hal ini menunjukkan bahwa pakan yang diberikan tidak sehat.

3.Beri Air Minum

Sama seperti manusia dan hewan lainnya, reptile juga membutuhkan air untuk bisa diminum agar tidak menyebabkan dehidrasi.

Air minum diberikan apabila reptile membutuhkannya. Karena kalau mereka sampai dehidrasi, akan sangat fatal akibatnya. Apalagi kalau sampai dehidrasinya parah, bisa sampai menyebabkan kematian pada reptile.

4.Jemur Secara Rutin

Reptile merupakan hewan berdarah dingin yang tidak bisa menghasilkan panas tubuhnya sendiri. Karena itu, untuk memperlancar metabolismenya, kalian perlu menjemurnya di pagi hari.

Usahakan untuk menjemur pada sekitar jam 09.00 – 11.00. lama menjemurnya sendiri tergantung pada hewan apa yang akan di jemur.

Kalau untuk ular, biasanya mereka hanya membutuhkan waktu sekitar 10 sampai dengan 15 menit saja.

5.Mandikan Reptil

Mandi disini dimaksudkan agar hewan yang dipelihara lebih bersih dan sehat. Mandi bisa menggunakan air hangat atau air dingin namun bukan air es.

Memandikan reptile dapat mengurangi, mengobati, serta menghilangkan parasite yang ada di bagian luar tubuh mereka.

Seperti misalnya jamur, kutu, dan lain-lain yang mungkin bisa datang kepada reptile jika tidak dirawat dengan baik.

Itulah 5 cara merawat serta memelihara reptile. Pastikan kalian mengetahui hal ini terlebih dahulu agar tidak asal-asalan saat memelihara.

Kebanyakan reptile juga memiliki umur yang panjang sehingga kalian harus bisa konsisten dalam merawat mereka.

Selain itu, jangan lupa untuk mengajak mereka berintraksi agar bisa lebih kenal dengan kalian sebagai pemiliknya.

Setelah mengetahui hal ini, apakah kalian sudah siap untuk memelihara reptile pilihan kalian? Semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post

10 Jenis Hewan Reptil Yang Bisa Dipelihara Di Rumah10 Jenis Hewan Reptil Yang Bisa Dipelihara Di Rumah

Hewan Reptil memiliki keunikkan dan kebiasaannya sendiri sebagai peliharaan. Sifatnya yang kalem cocok untuk kalian yang suka memperhatikan gerak-gerik hewan jenis ini dengan seksama.   Berbeda dengan anjing atau kucing yang memerlukan banyak perhatian, reptil hanya membutuhkan sentuhan kasih sayang sekali saja.   Rekomendasi 10 Reptil Untuk Dipelihara  Meskipun penampilannya seram dan galak, sebenarnya reptil merupakan hewan yang jinak dan mudah dipelihara.  Untuk memudahkan kalia, dibawah ini kami berikan rekomendasi reptil yang mudah dipelihhara dirumah. Penasaran ada apa saja? Yuk simak dibawah.   1.Bearded Dragon  Bearded Dragon merupakan hewan yang mudah sekali dirawat. Ia juga menyukai interaksi jika kalian berhasil membuat ikatan batin.   Hewan omnivor ini menyukai serangga dan sayuran. Selain itu, siklus tidurnya sama dengan manusia sehingga cocok untuk menemani kamu yang bekerja dirumah.   2.Water Dragon  Water dragon memiliki penampilan yang hapir mirip dengan iguana. Namun, water dragon tidak seagresif iguana.   Selain itu, ukuran tubuhnya juga lebih kecil. Kebutuhan habitat hewan ini juga tidak sesulit hewan reptil lainnya.   3.Monitor Lizard  Reptil satu ini memiliki corak kulit yang sangat bagus. Selain itu, kalian tidak perlu memberinya makan setiap hari karena hewan ini cukup diberi makan tikus seminggu 2 kali.   4.Ular Jagung  Ular biasanya memiliki sifat yang agresif. Namun berbeda dengan ular jagung. Ular jenis ini memiliki sifat yang tenang sehingga kalian tidak perlu takut tergigit olehnya.   Makanan yang diperlukan juga mudah, hanya membutuhkan seekor tikus sawah kesukaannya saja. Namun, kalau kalian ingin memelihara ular jenis ini, harus punya komitmen yang tinggi ya.   Pasalnya, hewan reptil ini bisa hidup lama sampai 23 tahun.   5.Leopard Gecko