10 Jenis Bunglon Peliharaan Yang Harus Kamu Tahu

Bunglon merupakan sebutan khusus untuk beraneka jenis kadal / bengkarung yang memiliki kemampuan mengubah warna kulitnya.

Secara umum, istilah bunglon digunakan untuk menyebut kadal-kadal dari suku Iguania. Bunglon menyebar sangat luas mulai dari sebagian Asia bagian selatan hingga kepulauan Nusantara.

Daftar 10 Jenis Bunglon Peliharaan

Bunglon seringkali dijadikan sebagai hewan peliharaan bagi para pecinta reptile. Memiliki reptile kesayangan sebagai peliharaan memanglah sangat menyenangkan.

Bunglon sendiri memiliki beraneka jenis bunglon yang bisa di beli dan di pelihara. Bunglon juga menjadi tantangan menarik bagi orang-orang nyentrik yang butuh peliharaan unik.

Namun, sebelum membeli, sebaiknya kamu ketahui dulu jenis bunglon serta perawatan yang mereka butuhkan. Yuk simak di bawah ini.

1.Bunglon Carpet

Bunglon jenis ini bisa dijumpai di wilayah Madagaskar. Mereka memiliki ukuran yang sempuran sebagai bunglon peliharaan.

Dengan harga Rp 1.300.000 – Rp 2.000.000, bunglon ini memiliki ukuran 12,5 – 50 cm. umumnya, bunglon carpet berwarna hijau dan kuning dengan variasi biru di area mata serta kakinya.

2.Bunglon Fischer

Bunglon dengan harga Rp 800.000 an ini memiliki dua tanduk  dengan tampilan yang unik. Campuran antara bunglon-bunglon bertanduk  dua juga telah begitu lumrah.

3.Bunglon Flat Necked

Afrika Selatan dan Afrika Tengah menjadi habitat alami bagi bunglon flat neck. Julukan tersebut merujuk pada semacam sirip di bagian leher mereka yang bisa membentang untuk menakuti predator.

Harga bunglon ini sendiri bisa terbilang cukup murah, yaitu sekitar Rp 600.000 an saja.

4.Bunglon Graceful

Populasi besar bunglon graceful hidup di wilayah Afrika sub-Sahara, dari Senegal hingga Ethiopia. Mereka terbilang cukup panjang sekitar 30 – 37,5 cm.

Bunglon seharga Rp 500.000 an ini memiliki warna-warni menarik khas bunglon.

5.Bunglon Jackson

Bunglon satu ini cukup populer dan menjadi komoditas di toko hewan peliharaan. Selain perawatannya yang tidak begitu rumit, hewan ini juga memiliki harga yang cukup terjangkau, yaitu Rp 600.000 – Rp 750.000.

Hewan ini memiliki tanduk yang unik serta nuansa hijau cerah yang membuat mereka disukai oleh para pecinta reptile.

Mereka juga bisa berubah warna menjadi gelap atau kebiruan untuk menunjukkan agresivitas saat merasa terancam.

6.Bunglon Meller

Ukuran bunglon satu ini cukup besar, yaitu sekitar Rp 60 cm. bunglon ini bisa menjadi peliharaan yang epic dan eksotik.

Harganya sekitar Rp 1.500.000 – Rp 2.000.000 an dan kerap dianggap sebagai bunglon tanduk raksasa karena memiliki tanduk kecil di moncong mereka.

7.Bunglon Panther

Warna-warni cantik dan masa hidup sekitar 5 – 7 tahun menjadi daya tarik bunglon ini. Dengan harga Rp 3.000.000 an, reptile ini memiliki variasi wana yang unik, yaitu hijau, merah, kuning, jingga, dan biru.

8.Bunglon Parson

Bunglen parson merupakan spesies bunglon terbesar di dunia dengan panjang sekitar 65 cm. Bunglon ini juga terbilang langka dan sulit dijumpai di toko-toko hewan peliharaan.

Hewan ini dibanderol sebesar Rp 26.00.000 an. 

9.Bunglon Pygmy

Bunglon yang dibanderol seharga Rp 500.000 an ini memiliki ukuran yang sangat kecil, hanya sekitar 2,5 – 7,5 cm saja.

Bunglon kerdil ini dapat berbagi ruang dengan konfigurasi 1 jantan dan 2 betina. Sayangnya, masa hidup mereka hanya sekitar 1 – 3 tahun saja.

10.Bunglon Senegal

Afrika Barat merupakan kampong halaman jenis bunglon ini. Ukurannya sekitar 15 – 20 cm dan telah melalang buana sebagai hewan peliharaan yang populer.

Harganya sendiri hanya sebesar Rp 400.000 saja. Cukup murah untuk seekor bunglon.

Itulah 10 jenis bunglon yang bisa kalian pelihara di rumah. Tertarik memelihara mereka?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Post